Lensa Pada Mata Manusia

Published on by Giova Rosel

Lensa Pada Mata Manusia

Sinar yang menembus lensa itu terlalu dibias, kecuali sinar yang tepat melalui tengah-tengah lensa itu. Garis yang memperhubungkan litiktengah daripada kedua dataran lensa itu dinamakanporos lensa . Sekalian sinar yang sejajar dengan poros lensa ini jatutr, pada lensa, dibias dan dikumpulkan pada suatu titik yang terletak pada poros lensa itu. Titik ini dinamakan titik api .

Jarak antara pusat lensa dan titik api ini dinamakan jarak titik api. Pada tiap-tiap lensa ada 2 buah titik api, depan dan belakang. Jika sinar sejajar dengan poros-lensa jatuh pada lensa positif, maka sinar itu dibias dan dikumpulkan ke titik api di sebelah yang bertentangan.

Jika sinar sejajar dengan poros-lensa jatuh pada lensa negatif, maka sinar itu dibias dan ke luar dari lensa itu seperti ke luar dan mengembang dari titik api yang terletak pada sebelah tempat datangnya sinar itu (gambar 75 dan76). Referensi tambahan obat alternatif untuk diabetes melitus

Sifat lensa cembung (positifl ialah mengumpulkan sinar-sinar, lensa cekung (negatifl mengembangkan sinar-sinar itu. Semakin membengkok dataran lensa itu (semakin tebal tengah lensa pada lensa positif atau semakin tipis tengah lensa negatif itu), semakin bertambah kekuatannya untuk mengumpulkan atau mengembangkan sinarsinar itu.

Lensa yang mempunyai jarak titik api I m, dinamakan lensa l dioptri (l D), artinya, bahwa sinar sejajar yang menembus lensa positif, bertemu I m di belakangnya, dan pada lensa negatif, I m di depannya.

Lensa yang mempunyai jarak titik api yang 1/2 m adalah lebih kuat, ia dinamakan lensa 2 D; jika jarak titik api itu I m, maka dinamakan 3 D. Lensa yang mempunyai jarak titik api 2m adalah lebih lemah, lensa itu dinamakan lensa % D.

Kekuatan sesuatu lensa dapat ditambah dan dikurangi dengan pertolongan lensa lain, misalnya kekuatan lensa positif dapat ditambah dengan pertolongan lensa positif yang lain yang diletakkan di depan ataupun di belakangnya; bisa dikurangkan, bila lensa negatif diletakkan di depan ataupun di belakangnya. Kekuatan lensa negatif dapat ditambah dengan pertolongan lensa negatif yang lain, atau dapat dikurangkan dengan pertolongan lensa positif.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post